Jasa Arsitek

shares

Jasa Arsitek

Jasa arsitek adalah kegiatan jasa yang diberikan oleh sebuah perusahaan atau perorangan profesional (arsitek) yang melingkupi kegiatan sebagai berikut:
  • Jasa Desain bangunan
  • Jasa pelaksana/ kontraktor/ pemborong
  • Jasa Pengawasan pembangunan
Di Indonesia Jasa Arsitek biasanya dimasukan sebagai 

  • Jasa Konsultan Perencana Arsitektur
  • Jasa Pelaksana Arsitektur 
  • Jasa konsultan pengawas Arsitektur
ilustrasi jasa arsitek bangun rumah
Ilustrasi Jasa Arsitek

Pada hari ini kita akan membahas bagaimana Jasa Arsitek pada pembangunan rumah tinggal.

Dibeberapa negara eropa dan america sebenarnya arsitek berpraktek lebih kepada perorangan profesional seperti halnya notaris dan pengacara.

Dan untuk bisa menjadi arsitek terbaik mereka harus membuktikan dengan desain rumah atau bangunan yang bisa menjadi icon sebuah bangunan yang memiliki nilai seni yang unik.

Arsitek rumah menjual jasa kepada seseorang yang ingin membangun rumah sejak tahapan desain sampai dengan pelaksanaan pembangunan.

Jasa arsitek memiliki harga yang berbeda beda antara arsitek yang satu dan yang lainya.

Harga jasa arsitek dipengaruhi oleh tingkat popularitas dan senioritas yang dimiliki oleh masing masing arsitek.

Cara penentuan harganya pun berbeda beda, ada yang ditetapkan berdasarkan meter persegi bangunan ada juga berdasar waktu pekerjaan dan lain lain.

Untuk memilih jasa arsitek terbaik yang cocok untuk anda ada beberapa tips yang bisa anda coba yaitu:

Sebisa mungkin arsitek yang anda pilih bisa melihat lokasi pekerjaan, entah via foto (jika menggunakan jasa arsitek online) atau melalui survey lokasi

Arsitek yang bisa melakukan survey lokasi pasti akan lebih matang dalam pembuatan desain rumah nantinya.

Yang kedua adalah pilihlah arsitek yang komunikatif dan dapat diajak sharing ketika pra pembuatan desain, karena kenyamanan dalam berkomunikasi ini juga merupakan faktor yang memegang peranan penting dalam mewujudlan rumah idaman anda, walaupun melalui goresan tangan orang lain/ arsitek.

Pilihlah arsitek yang pernah atau berpengalaman dalam membangun rumah, jangan sampai anda memilih arsitek yang hanya bisa memdesain saja tanpa pernah mengetahui ribetnnya manajemen untuk pembangunan sebuah rumah.

Dibeberapa kasus yang kami alami dan dari mendengarkan keluh kesah klien yang menemui kami ternyata salah satu kelemahan mereka ketika memilih arsitek adalah mereka memilih arsitek yang typikal studio akademisi yang notabene belum pernah menjadi pelaksana, hal ini lah yang menyebabkan desain rumah memiliki kelemahan atau level kesulitan yang tinggi pada saat pembangunan.

Belum lagi dengan gencarnya promo pada internet atau media masa yang mengiming imingi harga yang murah pada saat pembuatan desain rumah.

Seperti yang telah sering kami jelaskan bahwa, biasanya seseorang yang profesional tidak akan menghargai dirinya terlalu murah atau jauh dibawah harga pasar.
Jadi jangan pilihnya murahnya...itu yang kami sarankan.
Bak kata pepatah Jawa ono rego ono rupo.

Jika memang ada program di perusahaan arsitek yang temui untuk sekalian membangun atau bahasa kerennya program design & build maka sebaiknya anda pakai jasa arsitek tersebut sekalian untuk jasa kontraktor pembangunan rumah anda.

Kenapa?

Jawabanya begini..
Perencana atau jasa arsitek yang anda sewa adalah orang yang betul betul faham sejarah dan semua konsep desain yang dituangkan pada gambar kerja, jadi pelaksana terbaik adalah orang yang betul betul paham dan dia adalah konsultan atau jasa arsitek tadi.

Selanjutnya yang terpenting jika anda memilih jasa arsitek, pilihlah perorangan atau perusahaan yang memiliki sumberdaya keilmuan struktur bangunan, biasanya ini dari teknik sipil jurusan struktur.

Faktor keselamatan struktur bangunan ini adalah hal yang utama.

Mau sebagus apapun desain sebuah rumah, tapi anda tidak merasa aman...saya bilang semua keindahan itu akan sia sia. (Penting)

Hal lain yang juga sangat penting dalam memilih jasa arsitek adalah, pilih jasa arsitek yang memiliki pengetahuan cukup tentang peraturan dan batasan batasan yang terdapat pada suatu kabupaten kota tempat anda membangun.

Hal ini sering sekali menjadi kendala, bahkan menyebabkan terhentinya proses pembangunan karena melanggar aturan dan tidak mendapatkan ijin mendirikan bangunan disebabkan adanya kesalahan dalam desain.

Sampai sini sudah cukup pahamkan ya tentang apa dan bagaimana jasa arsitek itu.

So buat kamu yang sedang mencari jasa arsitek semoga artikel sederhana ini dapat sedikit menambah wawasan dalam menentukan arsitek untuk membantu anda membuat desain rumah atau membangunkanya.






Related Posts

0 comments :

Posting Komentar